Head And Shoulders

‘Kepala dan bahu’ juga merupakan formasi pembalikan arah (reversal formation). Formasi ini terbentuk oleh pergerakan harga naik yang mencapai puncak tertentu, turun sedikit, lalu kembali naik membentuk puncak yang lebih tinggi, turun lagi dan kembali mencoba naik dan membentuk puncak yang lebih rendah. Titik-titik terrendah yang terjadi saat pembentukan puncak, membentuk garis ‘neckline’. Garis ini bisa mengarah ke atas maupun ke bawah. Jika garisnya mengarah ke bawah, kemungkinan munculnya pembalikan arah lebih kuat.

head-shoulders (8K)

Pada contoh chart di atas formasi ;kepala dan bahu’ ini tampak cukup jelas. Kepala adalah puncak yang tertinggi dan diapit oleh dua bahu yang puncak-puncaknya tidak melebihi puncak dari kepala.

Pad formasi ini kita bisa mengambil order jual beberapa point di bawah garis neckline. Pada formasi ini kita juga bisa menghitung target keuntungan dengan menghitung jarak antar ‘neckline’ dan puncak tertinggi dari kepala.

head-shoulders-2 (14K)

Setelah harga bergerak turun menembus ‘neckline’, harga akan bergerak turun kurang lebih sejauh jarak antara puncak kepala dan ‘neckline’.

Kebalikan Kepala dan Bahu

Pada dasarnya ini sama dengan formasi kepala dan bahu, hanya saja terjadi pada pergerakan harga turun. Formasinya kurang lebih kebalikan dari formasi kepala dan bahu dimana terbentuk sebuah lembah yang diapit oleh dua lembah yang lebih tinggi.

reverse-head-shoulders (9K)

Sama seperti formasi kepala dan bahu tapi dengan posisi kebalikan, pada formasi ini kita bisa meletakkan order beli beberapa di atas garis ‘neckline’ dengan target kurang lebih sebesar jarak antara neckline dan lembah yang terrendah.

reverse-head-shoulders-2 (14K) Pada chart ini terlihat harga bergerak menembus ‘neckline’ dan terus bergerak naik. Jika gerakan ini sudh mencapai target, anda dapat menutup transaksi.

Pos ini dipublikasikan di Belajar Forex dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s