Kerangka Waktu Dalam Trading

Kerangka waktu mana yang terbaik?

Chart mata uang yang digunakan oleh para trader tidak selalu menggunakan kerangka waktu yang sama. Ada trader yang suka menggunakan chart dengan kerangka waktu 1 jam, ada yang suka kerangka waktu 15 menit, atau ada juga yang suka bertrading dengan chart 1 menit.

Lalu kerangka waktu yang mana yang terbaik? Jawabannya bergantung pada karakter seseorang dalam melakukan trading. Ada banyak trader yang keliru dalam mengambil kerangka waktu untuk chart. Mereka tidak menyesuaikan kerangka waktu yang mereka gunakan dengan karakter mereka sehinbgga seringkali mengalami frustasi dan kerugian demi kerugian dalam trading. Banyak trader pemula yang cenderung menggunakan kerangka waktu 1 menit atau 5 menit dengan harapan dapat membaca gerakan pasar secara detail dan meraih keuntungan dari setiap gerakan pasar. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, gerakan harga yang demikian cepat berubah membuat mereka kebingungan dan panik sehingga seringkali terlalu cepat menutup transaksi yang menguntungkan dan sebaliknya membiarkan transaksi yang rugi bergerak semakin jauh. Kalau anda seorang trader pemula pasti mengenal betul situasi tersebut karena ini memang kesalahan umum.

Beberapa trader berpengalaman merasa nyaman melakukan trading dengan menggunakan chart 1 jam. Kerangka waktunya cukup panjang sehingga mereka bisa mengamati pergerakan mata uang dengan jangka waktu sampai 2 minggu sehingga memudahkan mereka untuk mengenali trend dan kondisi pasar dengan baik.

Tapi ada trader yang merasa bahwa kerangka waktu 1 jam terlalu lama dan membuat mereka frustasi karena harus menunggu 1 jam untuk melihat setiap perubahan pasar. Mereka menyukai kerangka waktu yang lebih singkat, misalnya 15 menit. Dengan kerangka waktu itu mereka bisa mengamati gerakan mata uang dalam jangka waktu beberapa hari dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengamati perubahan harga.

Tapi ada juga trader yang merasa chart dengan kerangka waktu 1 jam adalah terlalu cepat. Mereka menggunakan chart dengan kerangka waktu harian atau mingguan karena mereka ingin menganalisa pasar berdasarkan kondisi dan kecenderungan yang terjadi dalam beberapa bulan atau beberapa tahun sebelumnya. Biasanya ini dilakukan oleh investor-investor besar yang transaksinya bisa memberikan dampak signifikan pada arah pergerakan mata uang.

Jadi secara praktis tidak ada kerangka waktu yang terbaik, tiap orang memiliki kerangka waktu yang terbaik bagi karakter dan gaya mereka dalam bertrading. Ini sekedar gambaran kerangka waktu chart yang sering digunakan oleh para trader sesuai dengan jangka waktu trading mereka:

  • Position trading (jangka panjang), chart harian (D1) dan mingguan (W1)
  • Swing trading (jangka pendek), chart 1 jam (H1) dan 30 menit (M30)
  • Intraday (harian), chart 15 menit (M15) dan 5 menit (M5)

Dari pengalaman anda akan bisa menentukan sendiri chart mana yang terbaik bagi anda.

Pos ini dipublikasikan di Belajar Forex dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s