Segitiga Naik / Turun

Segitiga Naik

Formasi biasanya terjadi di dekat level resistance dimana pembeli berkali-kali berupaya menembus resistance dengan keyakinan yang semakiin tinggi. Ini terlihat dari adanya titik-titik terrendah yang semakin tinggi (higher lows). Meskipun berkali-kali pembeli gagal menembus resistance, keyakinan yang semakin tinggi dan upaya yang berkali-kali biasanya akan membuahkan hasil dimana pihak penjual mulai kehilangan kepercayaan dirinya dan akhirnya mengalah pada desakan pembeli.

asc-triangle-1 (19K)

Pada chart di atas tampak titik-titik terrendah semakin lama semakin tinggi (higher lows), artinya upaya perlawanan dari pihak penjual untuk menekan harga turun semakin melemah dan sebaliknya upaya pembeli mendesak harga untuk naik semakin agresif. Dengan tekanan semacam ini hampir dapat dipastikan tidak berapa lama lagi pertahanan penjual akan dapat diterobos dan harga akan naik cukup jauh.

Tapi apabila level resistance sangat kuat, bisa jadi pertahanan penjual akan sangat kuat sehingga sekalipun upaya pembeli sangat agresif tetap tidak dapat menembus level resistance. Akibatnya jika keadaan ini berlangsung cukup lama, justru pihak pembeli yang akan kehilangan rasa percaya diri dan kehabisan tenaga untuk mendesak harga naik. Akibatnya harga justru akan kembali turun, setidaknya untuk melakukan konsolidasi sebelum mendesak ke atas lagi jika kekuatan pembeli sudah terkumpul kembali.

Sekalipun yang umumnya terjadi harga akan bergerak lepas ke atas, namun anda harus tetap hati-hati akan kemungkinan sebaliknya. Jika ada formasi ini maka anda dapat mengambil order beli beberapa point di atas level harga.

asc-triangle-2 (15K)

Pada skenario di atas, pembeli memenangkan pertarungan dan harga bergerak lepas ke atas dengan cepat!

Segitiga Turun

Pada segitiga turun keadaannya merupakan kebalikan dari segitiga naik. Pada formasi ini para penjual yang secara agresif mendesak harga untuk menembus support dan pihak pembeli berada dalam posisi bertahan. Ini dapat terlihat dari terbentuknya titik-titik tertinggi yang semakin rendah (lower highs) yang menandakan aktivitas penjual yang semakin agresif sementara itu upaya pembeli semakin melemah.

descending-triangle-1 (7K)

Pada chart di atas tampak perlahan-lahan titik-titik tertinggi semakin lama semakin rendah. Pada sebagian besar kasus, biasanya penjual akan memenangkan pertarungan dan harga akan bergerak lepas ke bawah dengan cepat. Tapi bagaimanpun, sama seperti pada formasi segitiga naik, adakalanya level support terlalu kuat sehingga pihak pembeli dapat bertahan cukup lama dan penjual mulai kehilangan rasa percaya diri dan membiarkan harga bergerak naik kembali untuk melakukan konsolidasi.

Jika formasi ini terbentuk, anda bisa mengambil order jual beberapa point di bawah support untuk mengantisipasi gerakan lepas yang terjadi apabila pertahanan pembeli jebol.

descending-triangle-2 (15K) Pada chart di atas tampak bahwa akhirnya penjual memenangkan pertarungan dan harga bergerak lepas turun dengan cepat.

Pos ini dipublikasikan di Belajar Forex dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s