Segitiga Simetris

Segitiga simetris adalah formasi chart dimana kemiringan titik-titik ‘high’ dan titik-titik ‘low’ menyempit dan bertemu di satu level sehingga membentuk segitiga yang simetris. Jika formasi ini terbentuk maka itu berarti sedang terbentuk ‘higher lows’ dan ‘lower highs’ dimana pembeli dan penjual sama-sama tidak memiliki kekuatan untuk mengambil alih kontrol pasar. Tidak ada satupun yang dominan, baik pembeli maupun penjual, sehingga tidak ada kejelasan trend. Keadaan seperti ini disebut juga sebagai konsolidasi untuk gerakan berikut, menunggu adanya pemicu.

sym-triangle (11K)

Pada chart di atas, terlihat bahwa baik pembeli maupun penjual tidak bisa mendorong harga lebih jauh me urut arah yang mereka inginkan. Tampak yang terjadi adalah titik-titik tertinggi yang semakin rendah (lower highs) dan titik-titik terrendah yang semakin tinggi (higher lows). Karena jarak titik-titik tertinggi dan terrendah semakin menyempit ada kemungkinan akan terjadi gerakan lepas (breakout) tapi belum jelas kemana arahnya.

Kita dapat mengambil keuntungan dari kondisi ini dengan memasang order beli beberapa point di atas level harga dan sekaligus order jual beberapa point di bawah level harga. Dengan cara ini kemanapun harga bergerak lepas, kita bisa mengambil keuntungan dari gerakan tersebut.

sym-triangle-2 (11K) Dari chart di atas ternyata harga bergerak lepas ke atas. Dan karena kita telah memasang order beli di atas level harga sebelumnya, kita akan mendapat keuntungan dari harga yang terus bergerak naik.

Pos ini dipublikasikan di Belajar Forex dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s